Kamis, 30 September 2010

LINGKUNGAN SEKITAR KITA

Apa yang terlintas di pikiran anda jika melihat lingkungan sekitar kita tidak sehat ? terutama lingkungan tempat tinggal kita. Apakah anda peduli dengan lingkungan sekitar anda ? jawaban itu semua tergantung dari kesadaran diri anda masing-masing mengenai lingkungan sekitar.
Tidak jarang kita jumpai tumpukkan sampah di mana-mana seperti, di tempat umum dan jalan-jalan. Seharusnya hal ini ditanggapi dengan serius dan harus ditindaklanjuti. Hal ini bukan hanya berlaku bagi petugas kebersihan kota saja, tetapi bagi semua masyarakat yang perduli terhadap bumi ini.
Saat saya pergi menuju kampus di jalan saya melihat eksternalitas yang tidak mengenakkan, yaitu banyaknya tempat pembuangan sampah di dekat aliran arus kali dan ternyata terdapat juga pemukiman penduduk. Ternyata setelah saya perhatikan jenis sampah yang paling banyak adalah sampah plastik.
Tahukah anda dibutuhkan waktu yang lama untuk bisa menghancurkan sampah jenis plastik, kira-kira sekitar ratusan tahun. Sampah jenis ini jelas menyebabkan pencemaran tanah, karena sulitnya samapah tersebut untuk menyatu dengan tanah.
Untuk itu kita harus mengurangi penggunaan plastik. Mulai dari hal kecil, seperti saat kita hendak pergi berbelanja ke warung atau ke pasar sebaiknya kita membawa tas sendiri untuk membawa belanjaan. Selain itu, juga bisa dengan cara mengumpulkan plastik-plastik bekas belanjaan tersebut lalu setelah terkumpul banyak kita bisa memberikan kepada penjual sayur contohnya. Dengan begitu kita bisa memperkecil penggunaan plastik, karena intinya kita menggunakan plastik yang sama.
Bukan hanya sampah saja yang harus dapat perhatiaan, tetapi juga untuk penghijauan. Saya melihat semakin kurangnya penghijauan di sekitar lingkungan kita ini, contohnya bila kita pergi ke daerah pusat Jakarta kita akan jarang melihat pepohonan, yang akan kita lihat justru gedung-gedung bertingkat dengan banyaknya penggunaan kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global.
Bagaimana caranya untuk menjadikan lingkungan sekitar kita hijau kembali ? pertama kita harus mulai dari diri sendiri dan mulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal anda. Kita bisa bersama-sama melakukan penghijauan dengan menanam pohon jenis apa saja di rumah kita. Setidaknya setiap rumah terdapat tanaman.
Pepohonan sangat bermanfaat contohnya malam hari saat kita tertidur. Kita membutuhkan oksigen yang dikeluarkan dari pepohonan dan pepohonan sendiri membutuhkan karbon dioksida yang manusia keluarkan. Berarti hal ini terjadi simbiosis mutualisme yaitu saling menguntungkan satu sama lainnya.
Mulai sekarang mari sayangi lingkungan sekitar kita, dapat dilakukan dengan beberapa hal seperti berikut :
• Buanglah sampah pada tempatnya
• Kurangi penggunaan sampah plastik
• Lakukan penghijauan sebelum terjadi erosi
• Harus terdapat pepohonan dalam sebuah rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar